Rabu, 13 Maret 2013

Marketing Mix # JR 8 #

Malam ini setelah selesei turn in tugas untuk minggu ke 7 + 8 rasanya wow, bebanku berkurang dan menjadi Plong rasanya :). Td siang rasanya masih was-was karena belum turn in tugas dan materi juga baru selesei saya baca malam ini. Setelah materi selesei saya baca saya langsung buka Quiz, karena hari ini adalah hari terakhir untuk submit tugas untuk minggu ke 7+8. Awalnya tadi berpikiran bahwa Quiznya terlalu sulit, karena saya tidak konsentrasi untuk mengerjakan, namun ternyata setelah saya konsentrasi untuk fokus untuk mengerjakan tugas dan mematikan website-website lain selain edmodo, saya menjadi lebih fresh mengerjakan tugasnya. :)

Quiz habis saya turn in, mikir saya mau segera instirahat dan tidur, dan tiba-tiba teringat bahwa tugas JR harus di submit juga di kelas edmodo. Sehingga keinginanan untuk segera istirahatpun molor dulu :). Semoga malam ini saya bisa menyeleseikan tugas-tugas dari my beloved dosen yaitu ibu Poedjiati tan dan Mr.Nur Agustinus. 

Setelah mempelajari materi tentang Persediaan, selanjutnya adalah materi Pemasaran . Di dalam pelajarin kali ini dijelaskan juga tentang bauran pemasaran. Bauran pemasaran adalah 4 komponen yang terdiri atas 
  • Product (produk )
  • Price (harga )
  • Place (tempat, termasuk juga sistribusi)
  • Promotion (Promosi)

Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah Marketing mix-7P dimana 3P yang selanjutnya adalah People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses ). 


Salah satu strategi yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran perusahaan adalahmarketing mix strategy yang didefinisikan oleh Kotler dan Armstrong (1997) yang menyatakan bahwa marketing mix as the set of controllable marketing variables that the firm bleads to produce the response it wants in the target market”.

Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa bauran pemasaran merupakan variable-variabelterkendali yang digabungkan untuk menghasilkan tanggapan yang diharapkan dari pasarsasaran. Dan untuk usaha jasa terdapat 7 unsur marketing mix (Marketing Mix-7p) yaitu: Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Proses, Dan Physical Evidence.

Product (produk)
Produk merupakan elemen penting dalam sebuah program pemasaran. Strategi produk dapat mempengaruhi strategi pemasaran lainnya. Pembelian sebuah produk bukan hanya sekedar untuk memiliki produk tersebut tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Price (Harga)
Menurut Monroe (2005) menyatakan bahwa harga merupakan pengorbanan ekonomis yang dilakukan pelanggan untuk memperoleh produk atau jasa. Selain itu harga salah satu faktor penting konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan transaksi atau tidak (Engel, Blackwell dan Miniard, 1996).

Harga dikatakan mahal, murah atau biasa-biasa saja dari setiap individu tidaklah harus sama, karena tergantung dari persepsi individu yang dilatar belakangi oleh lingkungan kehidupan dan kondisi individu (Schifman and Kanuk, 2001).

Promotion (promosi)
Promosi adalah kegiatan mengkomunikasikan informasi dari penjual kepada konsumen atau pihak lain dalam saluran penjualan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku. Melalui periklanan suatu perusahaan mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat melalui media-media yang disebut dengan media massa seperti Koran, majalah, tabloid, radio, televise dan direct mail (Baker, 2000:7).

Media promosi yang dapat digunakan pada bisnis ini antara lain (1) Periklanan, (2) Promosi penjualan, (3) Publisitas dan hubungan masyarakat, dan (4) Pemasaran langsung. Penentuan media promosi yang akan digunakan didasarkan pada jenis dan bentuk produk itu sendiri.

Place (Saluran Distribusi)
Kotler (2000: 96) menyatakan bahwa “Saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan segala kegiatan (Fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status pemiliknya dari produsen ke konsumen”. Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa saluran distribusi suatu barang adalah keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk memindahkan produk disertai dengan hak pemiliknya dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai
industri.

Distribusi berkaitan dengan kemudahan memperoleh produk di pasar dan tersedia saat konsumen mencarinya. Distribusi memperli hatkan berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menjadikan produk atau jasa dipe roleh dan tersedia bagi konsumen sasaran.

People (Partisipan)
Yang dimaksud partisipan disini adalah karyawan penyedia jasa layanan maupun
penjualan, atau orang-orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses layanan itu sendiri, misalnya dalam jasa kecantikan :diantaranya adalah para reception, dokter, dan beauty therapis.

Process (Proses)
Proses adalah kegiatan yang menunjukkan bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen selama melakukan pembelian barang. Pengelola usaha melalui front liner sering menawarkan berbagai macam bentuk pelayanan untuk tujuan menarik konsumen. Fasilitas jasa konsultasi gratis, pengiriman produk, credit card, card member dan fasilitas layanan yang berpengaruh pada image perusahaan.

Physical evidence (Lingkungan fisik)
Lingkungan fisik adalah keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, pelatakan dan layout yang nampak atau lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli (Belk 1974 dalam Assael 1992).

Dari ketujuh elemen marketing mix tersebut yang merupakan kunci sukses bagi sebuah usaha (jasa yang bertempat/salon/spa/warnet) diantaranya adalah kelengkapan produk layanan yang siap ditawarkan (one stop service), lokasi yang strategis, keramahan dan efektivitas pelayanan, tempat parkir yang memadai, dan fasilitas lain pendukung kenyamanan konsumen.

Selain marketing mix juga dibahas tentang Promosi Word of Mouth yang artinya adalah promosi dari mulut ke mulut atau getok tular. Materi ini pernah diterangkan juga oleh Bapak Winarto saat di kelas Mandiri Sahabat kelas Lanjutan. Promosi Word of Mouth ini kelihatnnya sangat sepele atau sederhana tapi ini sangat emmpengaruhi usaha kita. 

Pengalaman saya sendiri tentang Word of Mouth ini , apabila saya membeli sesuatu di sebuah toko yang mengecewakan biasanya saya woro-woro ke temen-temen saya. Tapi terkadang kalau saya menemukan sebuah produk atau toko yang bagus, saya malah jarang memberitahukan ke temen-temen. Biasanya temen-temen saya yang saya kasih tau bahwa disna produknya atau pelayanannya jelek / tidak memuaskan, teman saya juga tidak mungkin datang kesana. 

Cukup sekian JR saya untuk malam ini, karena badan rasanya sudah lelah dan ingin segera istirahat. Sebenernya masih banyak yang ingin saya tuliskan. Tapi saya rasa cukup ini dulu karena kondisi badan kurang stabil. 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar